Sangat mudah untuk mengabaikan pentingnya riset pemasaran. Lagi pula, ketika Anda pertama kali memikirkan ide bisnis, menghabiskan waktu berjam-jam untuk riset pasar adalah hal terakhir yang ada di pikiran Anda. Sebagian besar dari kita lebih suka mulai membuat dan menjual produk daripada memikirkan nilai riset pemasaran.

Tetapi untuk semua jenis bisnis, ada kebutuhan nyata untuk riset pasar. Ini khususnya kasus untuk usaha kecil, di mana beberapa bulan pertama dapat terbukti berbahaya. Bisnis baru membutuhkan penjualan dan pelanggan sesegera mungkin, dan riset pasar dapat memastikan bahwa penjualan dan pelanggan itu tidak berhenti datang.

Nilai riset pemasaran adalah membantu Anda belajar lebih banyak tentang pelanggan Anda.

Apa itu Riset Pemasaran?

Sebelum Anda dapat memahami pentingnya riset pemasaran, Anda perlu tahu apa itu. Riset pasar bukan tentang metode atau aktivitas tertentu, hanya saja bisnis menyebut upaya mereka untuk mempelajari lebih lanjut tentang target pelanggan mereka. 

Sementara tugas-tugas seperti survei dan kelompok fokus dapat membantu, mereka tidak mutlak diperlukan, dan mereka bukan satu-satunya hal yang dapat Anda lakukan untuk meneliti target pasar Anda. Berikut adalah beberapa tugas yang dapat menjadi bagian dari riset pasar Anda:

  • Lakukan percakapan singkat dengan kontak yang merupakan bagian dari target pasar Anda . Katakanlah Anda ingin meluncurkan layanan fotografi pernikahan. Bicaralah dengan kontak Anda yang sudah menikah atau yang sudah bertunangan dan tanyakan tentang pengalaman mereka dalam mempekerjakan dan bekerja dengan fotografer pernikahan. Bahkan percakapan lima menit dapat memberi Anda wawasan tentang cara menjalankan bisnis Anda. 
  • Cari grup Facebook yang relevan dengan target pasar Anda . Ini dapat membantu Anda memberikan cara gratis dan mudah untuk menjangkau pelanggan target secara online dan mengajukan pertanyaan kepada mereka. Akhirnya, Anda dapat kembali ke grup ini untuk mempromosikan bisnis Anda, jika aturan grup memungkinkan.
  • Tambahkan formulir survei ke situs web Anda . Jika Anda sudah memiliki situs web untuk bisnis kecil Anda, Anda dapat menawarkan diskon kepada calon pelanggan dengan imbalan mengisi survei. Tutorial tentang formulir riset pasar online ini dapat membantu Anda memulai.

Kegiatan di atas hanyalah segelintir tugas yang bisa menjadi bagian dari riset pasar Anda. Bahkan, Anda dapat mengklasifikasikan tugas apa pun sebagai aktivitas riset pasar selama Anda akhirnya mengetahui kebutuhan, perilaku, dan preferensi pasar target Anda.

Pentingnya Riset Pemasaran

Ini adalah tujuh alasan mengapa penelitian pasar penting, terutama untuk tim dan bisnis yang lebih kecil:

1. Mudah Menemukan Peluang Bisnis

Setelah Anda melakukan riset pasar, akan jelas bagi Anda yang ingin Anda jangkau (target pelanggan Anda), di mana Anda dapat menjangkau mereka (saluran pemasaran Anda), dan apa yang mereka minati. Setelah Anda Sudah mendefinisikan ini, Anda akan dapat dengan mudah melihat peluang bisnis. Sebagai contoh:

  • Bentuk kemitraan dengan bisnis lain . Belajar tentang siapa pelanggan Anda, seperti demografi mereka, dapat membantu Anda menemukan bisnis kecil lain yang melayani mereka. Anda dapat mendekati bisnis ini untuk promosi bersama yang akan saling menguntungkan.
  • Buat peningkatan pesanan yang menguntungkan . Mengetahui produk dan layanan lain yang cenderung dibeli pelanggan Anda dapat membantu Anda menghasilkan pengaya, bundel produk, dan peningkatan penjualan yang meningkatkan nilai rata-rata setiap pesanan.
  • Temukan lokasi baru untuk dijual . Mengetahui wilayah geografis di mana sebagian besar pelanggan target Anda akan memungkinkan Anda untuk membuat kampanye bertarget menarik yang sesuai dengan kebutuhan dan budaya daerah itu.

2. Risiko Bisnis Lebih Rendah 

Sekitar setengah dari bisnis dengan karyawan tidak bertahan melewati tahun kelima, menurut data dari Biro Statistik Tenaga Kerja . Cara untuk memastikan bahwa bisnis Anda bertahan lebih lama adalah memastikan bahwa Anda memiliki arus penjualan dan pelanggan yang stabil. Untuk melakukan itu, Anda perlu riset pasar.

Riset pasar reguler akan menjadi cara Anda untuk check-in dengan pelanggan Anda saat ini dan pelanggan potensial untuk memastikan bahwa Anda masih memenuhi kebutuhan mereka. Begini cara Anda menerapkan ini:

  • Uji desain dan produk baru sebelum diluncurkan . Sebelum Anda melakukan perubahan dramatis untuk bisnis Anda, Anda dapat mengujinya pada sekelompok kecil audiens Anda untuk melihat apakah perubahan itu akan diterima. Misalnya, jika Anda berencana untuk mendesain ulang produk yang populer, tunjukkan desain baru tersebut kepada pembeli yang paling sering. Uji atau tanyakan kepada mereka apakah mereka lebih cenderung membeli desain baru versus, desain baru alternatif, atau desain lama.
  • Cari tahu mengapa pelanggan tidak kembali . Idealnya, bisnis kecil Anda harus memiliki pelanggan berulang. Jika mereka tidak kembali, Anda dapat melakukan survei terhadap pelanggan sebelumnya atau membuat grup fokus untuk mencari tahu mengapa Anda tidak melakukan penjualan berulang.
  • Dapatkan wawasan tentang bidang masalah . Jika produk Anda yang paling populer mengalami penurunan penjualan yang besar selama tiga bulan berturut-turut, Anda perlu mencari tahu cara memperbaikinya sebelum benar-benar menghancurkan keuntungan Anda. Survei pelanggan Anda yang paling sering tentang produk dan cari tahu di mana masalahnya. Itu bisa apa saja dari penurunan kualitas produk atau kesalahan di toko online Anda. Anda tidak akan pernah tahu kecuali Anda bertanya.

3. Buat Materi Promosi yang Relevan

Jika Anda pernah bertanya-tanya teks atau gambar apa yang akan diletakkan di selebaran, situs web, atau akun media sosial Anda, dengan riset pasar menyeluruh, Anda akan tahu persis apa yang harus dilakukan. Karena pelanggan target telah menyatakan semua keinginan, kebutuhan, dan frustrasi mereka dengan Anda, Anda akan tahu persis apa yang harus diatasi dan bagaimana mengatasinya ketika Anda mulai membuat materi pemasaran Anda.

Sebagai contoh, penulis Tiffany Sun mensurvei pembacanya  untuk mencari tahu masalah apa yang mereka coba selesaikan. Alih-alih membuat topik blog atau berita utama dalam ruang hampa, ia menggunakan hasil survei ini untuk bertukar pikiran dengan topik yang menarik.

Survei audiens Anda tentang poin masalah utama mereka dapat membantu Anda membuat konten yang menarik untuk mereka.

Berikut adalah beberapa cara lain agar materi pemasaran Anda lebih mudah dibuat:

  • Mengetahui apakah pelanggan melihat produk dan layanan Anda sebagai kebutuhan atau sebagai barang mewah dapat membantu Anda mendesain label produk, brosur, dan situs web yang sesuai dengan persepsi mereka.
  • Mengidentifikasi rentang usia pelanggan Anda dapat memberi tahu Anda jenis bahasa yang akan Anda gunakan dalam materi promosi Anda. Anda akan menulis secara berbeda saat menangani Baby Boomers yang sudah pensiun daripada ketika menangani para profesional muda.

4. Ketahui Tempat Beriklan

Salah satu masalah yang dihadapi pemilik usaha kecil adalah anggaran terbatas. Karena itu, anggaran pemasaran Anda harus dioptimalkan untuk memberikan Anda hasil terbaik. Riset pasar Anda dapat membantu memastikan bahwa Anda menjangkau audiens yang dituju di saluran di mana mereka kemungkinan besar akan melihat pesan Anda.

Ini adalah beberapa tugas anggaran yang dapat membantu riset pasar Anda:

  • Membeli iklan di media sosial . Jika riset pasar Anda menunjukkan bahwa audiens target Anda menghabiskan sebagian besar waktu mereka di Instagram dan hampir tidak pernah menggunakan Twitter, Anda akan tahu untuk mengarahkan sebagian besar anggaran iklan media sosial Anda ke Instagram dan melupakan Twitter.
  • Menempatkan selebaran dan poster . Mengetahui ruang fisik di mana pelanggan Anda menghabiskan waktu mereka akan memberi tahu Anda di mana Anda dapat menempatkan iklan terbaik. Misalnya, mahasiswa cenderung berada di kampus, jadi menempatkan iklan untuk pasar itu berarti Anda dapat mencoba papan buletin di kampus atau di luar perusahaan lokal yang cenderung sering dikunjungi orang banyak.
  • Menargetkan iklan . Iklan daring seperti iklan media sosial dan iklan bayar per klik seringkali dapat ditargetkan dengan tepat. Ini berarti bahwa Anda dapat menargetkan berdasarkan tidak hanya pada data demografis yang biasa, tetapi juga berdasarkan perilaku online, tahap kehidupan, dan minat. Jika Anda benar-benar mengenal pelanggan Anda, Anda akan dapat memaksimalkan potensi penargetan. Misalnya: berikut adalah beberapa opsi penargetan untuk Iklan Facebook :

5. Pesaing Penjualan Lebih Tinggi

Bisnis yang mengetahui pelanggan mereka lebih cenderung menang lebih banyak. Jika Anda dapat mengalahkan pesaing Anda dalam mencari tahu kebutuhan pelanggan Anda dan Anda bertujuan untuk memenuhi kebutuhan itu, Anda memiliki peluang lebih baik untuk keluar dari persaingan. Berikut adalah beberapa cara Anda dapat menggunakan riset pasar untuk menjual lebih banyak pesaing:

  • Targetkan pelanggan yang tidak puas . Bertanya kepada pelanggan sasaran tentang frustrasi mereka dengan produk pesaing Anda atau membaca ulasan produk mereka dapat membantu Anda meningkatkan produk Anda sendiri dan memasarkannya ke khalayak yang siap berganti merek.
  • Temukan segmen pelanggan yang tidak terlayani . Riset pasar Anda mungkin mengungkapkan bahwa ada segmen pasar yang diabaikan oleh pesaing Anda. Ini akan memberi Anda segmen pelanggan baru untuk dijangkau.
  • Identifikasi kebutuhan pelanggan yang belum ditangani . Selama riset pasar Anda, Anda mungkin menemukan beberapa poin rasa sakit pelanggan atau keinginan yang tidak Anda lihat dibahas dalam materi pemasaran pesaing Anda. Coba sertakan mereka dalam pemasaran Anda sendiri dan lihat apakah hasilnya menunjukkan peningkatan penjualan.

6. Tetapkan Tujuan Yang Lebih Baik untuk Bisnis Anda

Ketika pemilik bisnis menetapkan tujuan untuk bisnis mereka, itu biasanya terkait dengan pertumbuhan penjualan atau pelanggan. Tetapi tanpa riset pasar, Anda tidak akan dapat mengetahui apakah tujuan Anda dapat dicapai dan bagaimana cara mencapainya.

Anda mungkin mengatakan bahwa Anda ingin menggandakan penjualan pada akhir kuartal berikutnya. Bagaimana Anda tahu jika sasaran ini layak jika Anda tidak tahu apakah ukuran pasar target Anda lebih dari dua kali ukuran basis pelanggan Anda saat ini? Tanpa mengetahui ukuran pasar potensial Anda saat ini, Anda hanya akan menetapkan tujuan sewenang-wenang.

Dengan riset pasar, Anda akan dapat menentukan arah spesifik yang Anda inginkan untuk menumbuhkan basis pelanggan Anda. Misalnya, apakah Anda ingin menumbuhkan pelanggan Anda melalui segmen pasar baru yang belum dimanfaatkan? Atau apakah Anda masih memiliki ruang untuk pertumbuhan di antara target audiens Anda saat ini?

7. Pengambilan Keputusan Menjadi Sederhana

Kebutuhan dan pentingnya riset pemasaran sering muncul ketika membuat keputusan bisnis yang sulit. Alih-alih memiliki kriteria sewenang-wenang untuk keputusan yang Anda buat sebagai pemilik bisnis, Anda selalu dapat kembali ke laporan riset pasar Anda. Berdasarkan laporan itu, akankah keputusan ini menghasilkan lebih banyak pelanggan? Apakah Anda dapat menjangkau lebih banyak orang yang cenderung membeli dari Anda? Akankah jelas bagi mereka bahwa bisnis Anda dapat memenuhi kebutuhan mereka? 

Meskipun tidak semua keputusan harus diselesaikan dengan riset pasar, banyak di antaranya yang bisa, seperti:

  • tempat untuk menghabiskan anggaran iklan atau pemasaran Anda
  • apakah ada permintaan untuk produk baru yang ingin Anda buat
  • jika Anda harus membuka etalase di lokasi baru
  • produk mana yang harus dihentikan dan mana yang hanya ditingkatkan
  • cara memberi harga semua penawaran Anda

Ada kebutuhan nyata untuk riset pasar karena memberikan Anda fakta-fakta yang kuat. Melalui riset pasar, Anda akan membuat keputusan lebih terinformasi daripada mengistirahatkan nasib bisnis Anda berdasarkan dugaan.

Lebih Banyak Sumber Daya untuk Membantu Anda Memulai Riset Pemasaran Anda

Sekarang setelah Anda melihat pentingnya riset pemasaran, sekarang saatnya untuk memulai prosesnya. Jangan terintimidasi oleh tugas di depan. Sebaliknya, mulailah dengan mengumpulkan data hanya pada dua hal ini: target pelanggan Anda dan pesaing Anda. 

No Comments
Comments to: 7 Alasan Mengapa Riset Pemasaran Penting untuk Bisnis

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Attach images - Only PNG, JPG, JPEG and GIF are supported.

Good Reads

Usai menjajal peruntungan di industri kecantikan melalui produk makeup, Dear Me Beauty kini memperluas portofolio produk di bidang perawatan dan wellness. Bukan hanya menyediakan produk perawatan kecantikan dari luar, Dear Me Beauty mulai mengedukasi pasar perihal produk perawatan tubuh dari dalam. Minuman berkolagen, Dear Me Collagen Peptide+ menjadi produk pertama dari rangkaian lini bisnis terbaru […]
Konsumen hari ini semakin pintar berkat keterbukaan informasi. Para pemasar harus semakin lihai dalam membaca karakter konsumen sebagai bekal untuk membangun pelayanan prima. Salah satu kunci suksesnya adalah memahami alur perjalanan atau titik sentuh konsumen (customer touch point) terhadap merek. Pemahaman ini yang terus dikembangkan oleh Perusahaan penyedia jasa sewa kendaraan PT Mitra Pinasthika Mustika […]

Worlwide

David Ofiare Mengenai segala sesuatu yang menarik dan baru, saya cenderung mendekati setiap tulisan seperti yang dilakukan anak-anak, oleh karena itu saya SELALU tergoda untuk menumbuk informasi tentang subjek tertentu dalam satu karya daripada serangkaian artikel terpisah yang memecahkan topik dengan menarik. bit. Manfaatkan setiap kesempatan yang Anda miliki untuk menghukum saya dengan benar di bagian […]
Usai menjajal peruntungan di industri kecantikan melalui produk makeup, Dear Me Beauty kini memperluas portofolio produk di bidang perawatan dan wellness. Bukan hanya menyediakan produk perawatan kecantikan dari luar, Dear Me Beauty mulai mengedukasi pasar perihal produk perawatan tubuh dari dalam. Minuman berkolagen, Dear Me Collagen Peptide+ menjadi produk pertama dari rangkaian lini bisnis terbaru […]
Konsumen hari ini semakin pintar berkat keterbukaan informasi. Para pemasar harus semakin lihai dalam membaca karakter konsumen sebagai bekal untuk membangun pelayanan prima. Salah satu kunci suksesnya adalah memahami alur perjalanan atau titik sentuh konsumen (customer touch point) terhadap merek. Pemahaman ini yang terus dikembangkan oleh Perusahaan penyedia jasa sewa kendaraan PT Mitra Pinasthika Mustika […]
Usia toddler dan Prasekolah atau balita merupakan masa-masa terpenting pertumbuhan anak. Dalam usia tersebut, fungsi kognitif, sistem imun, dan pertumbuhan fisik tengah berkembang pesat. Sejumlah ahli gizi menyetujui pada usia inilah kebutuhan gizi anak harus dipenuhi. Namun ternyata tidak cukup gizi, pada usia ini, perhatian orang tua juga sangat dibutuhkan. Merek susu dari NESTLÉ, DANCOW […]

Trending

Sangat mudah untuk mengabaikan pentingnya riset pemasaran. Lagi pula, ketika Anda pertama kali memikirkan ide bisnis, menghabiskan waktu berjam-jam untuk riset pasar adalah hal terakhir yang ada di pikiran Anda. Sebagian besar dari kita lebih suka mulai membuat dan menjual produk daripada memikirkan nilai riset pemasaran. Tetapi untuk semua jenis bisnis, ada kebutuhan nyata untuk riset pasar. Ini […]
Pernahkah Anda bertanya-tanya apa kesamaan emotikon dan emoji, atau bagaimana mereka muncul? Yah, karena kami suka memberdayakan pembaca dengan pengetahuan, kami meluangkan waktu dan menyusun artikel mendalam yang seharusnya meruntuhkan dua cara komunikasi modern yang telah mengubah hidup kita sedemikian besar. Sejak masa awal kemanusiaan, kemampuan kita untuk berkomunikasi telah memainkan faktor kunci dalam sepenuhnya membentuk […]
Apakah Anda seorang pemula atau desainer yang berpengalaman, kedua konsep ini penting untuk diketahui jika Anda mengatur teks secara teratur. Font monospace dan proporsional adalah istilah yang tidak banyak desainer tahu kecuali mereka ingin mengasah keterampilan mereka. Kedua jenis font ini hanya memiliki satu hal yang berbeda — lebar karakter. Mari kita lihat arti dan beberapa contohnya.  Apa […]
Apakah Anda ingin belajar cara mengubah warna rambut di Photoshop? Dalam tutorial ini akan menunjukkan kepada Anda bagaimana mengubah warna suatu objek di Photoshop menggunakan teknik yang sangat serbaguna. Mari kita coba memilih objek dan cara menyesuaikan warnanya tanpa memengaruhi gambar asli. 1. Cara Memilih Bagian Rambut di Photoshop Bagian ini adalah yang paling sulit, karena rambut bisa […]

Join our Newsletter

Get our monthly recap with the latest news, articles and resources.

By subscribing you agree to our Privacy Policy.

Latest Titles

Categories

Tag

Login

Selamat datang di Halodesainer

Orientasi singkat dan ramah adalah hal pertama yang dilihat pengguna baru dalam tema.
Join Typer
Registration is closed.