Teks tidak pernah sekadar teks — tipografi, atau cara mengetik yang diatur pada tata letak, memiliki pengaruh besar terhadap dampak visual pesan, mengatur nada dan suasana hati bagi pembaca. Tipografi memiliki sejarah panjang dan menarik, dan font digital yang kita gunakan saat ini sering memiliki kisah asal yang luar biasa. 

Di sini kita akan mengeksplorasi sejarah singkat jenis dan tipografi, dimulai dengan serif awal yang terukir di monumen-monumen Roma Kuno, belajar sedikit tentang revolusi percetakan pada Abad Pertengahan, dan melihat dampak besar Modernisme Abad ke-20 dan era digital pada tipografi seperti yang kita kenal sekarang. 

Sebelum ‘Tipografi’

Tipografi adalah istilah yang digunakan untuk menggambarkan bagaimana jenis diatur pada tata letak. Untuk sebagian besar desainer sekarang, ini mengacu pada bagaimana jenis diformat untuk ditampilkan pada halaman, produk (misalnya kemasan), signage, atau situs web. 

Tipografi seperti yang kita ketahui hanya benar-benar muncul dengan penemuan mesin cetak (lihat di bawah), tetapi sebenarnya memiliki asal yang lebih dalam. Banyak font yang akan Anda lihat digunakan secara luas hari ini berevolusi dari desain tipe yang jauh sebelumnya. 

Pada abad kedua SM Mesopotamia, pukulan dan mati digunakan untuk memberi cap pada bentuk huruf atau mesin terbang ke segel, yang membuatnya menjadi bentuk pencetakan yang sangat awal. Ada juga bukti bahwa teknik ‘pencetakan’ yang serupa digunakan di Babel, Kreta, dan Yunani Kuno.

Mesopotamia memberikan beberapa bukti awal dari ‘tipe bergerak’, dengan pukulan dan mati digunakan untuk menuliskan segel, mata uang dan tablet.

Banyak font serif yang kita gunakan sekarang juga dapat melacak akarnya kembali ke huruf kapital Romawi Kuno, yang digunakan untuk menuliskan monumen dan bangunan kota. Trajan Pro  dan Times New Roman adalah dua contoh tipografi yang berutang banyak warisan desain mereka untuk gaya tipe Romawi awal ini.

Revolusi Blackletter Gutenberg

Pada abad ke-12 di Eropa, tulisan tangan telah berkembang menjadi bentuk seni yang sangat indah, dipraktikkan oleh para biksu yang membuat manuskrip bercahaya yang tercakup dalam desain huruf hiasan. Gaya mengetik yang disempurnakan oleh para biarawan sekarang dikenal sebagai blackletter — naskah kaligrafi Gotik.   

Kelemahan dari teknik tulisan tangan ini adalah bahwa hal itu juga memakan waktu dan mahal, yang membuatnya hanya dapat diakses oleh sekelompok orang yang terbatas. 

Bagi banyak penggemar jenis, tipografi hanya benar-benar muncul dengan penemuan mesin cetak. Di Jerman, pandai besi bernama Johannes Gutenberg menciptakan mesin yang dapat memproses jenis bergerak, memungkinkan sejumlah besar lembar dicetak menggunakan tinta dan mati. Meniru gaya tipe blackletter yang digunakan dalam naskah tulisan tangan, Gutenberg mengembangkan jenis huruf yang pertama: Blackletter . 

Helmswald Post adalah font kontemporer yang terinspirasi oleh tipografi Blackletter yang dikembangkan oleh Gutenberg.

Untuk pertama kalinya, tipografi memiliki potensi untuk dapat diakses oleh massa. Pamflet dan selebaran dapat direproduksi dengan cepat dan murah, meskipun masih membutuhkan waktu berabad-abad bagi buku untuk menjadi komoditas yang bisa dibeli orang awam. 

“Flippin ‘eck, Blackletter ini sulit dibaca!”

Kegelapan hitam Blackletter tidak pernah membuatnya menjadi jenis huruf yang termudah untuk dibaca, jadi itu adalah angin segar ketika gaya tipe Romawi dipopulerkan pada abad ke-15 dan ke-16. 

Pada tahun 1470 di Venesia, Nicolas Jenson merancang jenis huruf yang sangat mudah dibaca yang diilhami oleh gaya jenis Romawi Kuno. Jenson adalah salah satu tipografi Old Style yang paling awal , yang didefinisikan oleh kontras rendah antara sapuan tebal dan tipis. 

Adobe Jenson adalah penyempurnaan jenis huruf kontemporer yang dirancang oleh Nicolas Jenson di abad ke-15.

Tipe huruf Romawi Gaya Lama dapat dibaca dan menyenangkan secara estetika, yang menyebabkannya menjadi gaya huruf khas yang digunakan selama periode ini. 

Meskipun keterbaruan yang terbaca ini disambut baik, huruf huruf juga mulai mengeksplorasi cara menghemat ruang pada tata letak. Buku dan bahan cetak lainnya masih belum terlalu murah untuk diproduksi, sehingga para perancang fokus pada pelacakan kompresi (spasi antar karakter) dan leading (ruang antar garis). Kebutuhan akan penghematan ruang ini juga mengarah pada pengembangan bobot miring. 

Sementara tipografi kebanyakan menggunakan huruf miring hari ini untuk membuat hierarki dan perbedaan dalam penyusunan huruf mereka, tipografi era Renaissance menggunakan gaya tipe miring untuk memanfaatkan ruang terbatas yang mereka miliki.

You Old Romantic: Serif abad ke-18

Jenis huruf Romawi tetap populer selama beberapa abad, dan baru pada abad ke-18 beberapa perancang tipe paling berpengaruh diam-diam merevolusionerkan serif seperti yang kita kenal sekarang. 

Ini adalah era serif humanis . Semuanya dimulai dengan William Caslon, seorang perancang tipe yang berbasis di London, yang menciptakan versi yang lebih halus dari serif Gaya Lama yang pertama kali dikembangkan oleh Jenson beberapa abad sebelumnya. Caslon adalah jenis huruf yang romantis dan indah, yang membuat semua dokumen tercetak pada periode ini tampak sangat elegan. 

Beberapa dekade kemudian, pada 1750-an, perancang tipe bahasa Inggris lainnya, John Baskerville, menciptakan apa yang sekarang dikenal sebagai jenis huruf Transisional pertama . Dibandingkan dengan Old Style Caslon, Baskerville dikenal karena serifnya yang lebih tipis dan kontras yang agak lebih tinggi antara sapuan tebal dan tipis. Ini memiliki penampilan yang lebih formal dan suram daripada Caslon, dan tetap menjadi salah satu tipografi yang paling populer untuk buku-buku penyusunan huruf saat ini. 

Gelombang perubahan tipografi semakin tebal dan cepat selama abad ke-18, selama Zaman Pencerahan. Di Prancis, keluarga Didot merancang salah satu serif modern pertama , yang didefinisikan oleh serif yang sangat tipis dan kontras yang sangat tinggi antara pukulan tebal dan tipis. 

Dalam nada yang sama, ahli tipografi Italia Giambattista Bodoni mengembangkan tipografi yang juga dapat diklasifikasikan sebagai beberapa tipografi modern paling awal. 

Didot dan Bodoni umumnya digunakan dalam periklanan mewah dan desain majalah saat ini, karena mereka dianggap sangat cantik dan gaya tipe chic. 

‘Blip’: Revolusi Industri 

Setelah semua perkembangan canggih dalam tipografi selama abad ke-18, abad ke-19 pasti akan sedikit mengecewakan. Ini adalah era Revolusi Industri, dan sementara kemajuan luar biasa dibuat di bidang mekanis dan industri, tipografi menderita karena pendekatan yang berantakan selama masa ini. 

Jenis dikondensasi atau diregangkan agar sesuai dengan materi iklan seperti poster dan koran. Campuran gaya eklektik digunakan untuk memenuhi setiap ruang yang tersedia, yang menghasilkan tampilan eksentrik yang berkisar dari gaya yang terinspirasi sirkus hingga gaya ‘vintage’ yang dipengaruhi letterpress yang populer di bar kopi modern hari ini. 

Banyak font ‘vintage’ modern, seperti 
Lawless , mengambil inspirasi dari periode Revolusi Industri.

Kelebihan dari semua kebebasan tipografi ini selama abad ke-19 adalah pengembangan tipografi slab serif , atau Mesir . Ini adalah inkarnasi punchier, lebih berani dari gaya serif yang ada, dan mereka masih memberikan nuansa kuno yang indah untuk judul dalam desain kontemporer. 

Tipografi : Modern

Setelah semua kekacauan periode Industri, tipografi sangat membutuhkan penyegaran. Untungnya, ada beberapa orang yang berpikiran maju yang melakukan hal itu. 

William Caslon (dari ketenaran Caslon, lihat di atas) memiliki cicit, William Caslon IV, yang secara kontroversial menghapus serif dari salah satu tipografi tradisionalnya di awal abad ke-19. Gaya itu terlalu maju dari masanya dan tidak lepas landas, dan itu akan menjadi satu abad lagi sebelum dunia siap untuk kesederhanaan pembersihan palet dari sans serif.

Sans serif awal yang paling terkenal adalah Futura , yang diciptakan oleh juru ketik Jerman Paul Renner pada tahun 1927. Renner terinspirasi oleh bentuk-bentuk geometris sederhana, yang memberi Futura dan hubungannya nama grup mereka — tipografi Geometrik Sans . 

Geometric Sans typefaces have an enduring appeal. Miles Sans is a more rounded, friendly interpretation of the style.

Pada saat yang sama di Inggris, Eric Gill mendekati suasana modernis baru dari perspektif yang berbeda. Dia menciptakan Gill Sans , yang memperkenalkan lebih banyak kurva alami dan bentuk organik ke template sans serif. Ini dan tipografi terkait lainnya sekarang dikenal sebagai tipografi Sans Humanis . 

Beberapa dekade kemudian, pada akhir tahun 1950-an di Swiss, langkah evolusi sans serif lainnya dibuat. The Swiss Style , seperti yang dilakukan oleh sekelompok desainer dalam negeri, ditandai dengan desain tipe fungsional dan ultra-terbaca. Helvetica adalah produk bintang dari eksperimen modernis ini, dan segera digunakan untuk desain signage dan cetak di seluruh dunia. 

Pengaruh Era Digital

Serif sans modernis benar-benar menghancurkan tradisi dengan semua perkembangan tipografi yang telah terjadi sebelumnya. Tapi ada satu perkembangan terakhir yang akan memperluas jangkauan baik serif dan sans serif, serta format tipografi, ke audiens yang belum terbayangkan besar. 

Dengan ditemukannya komputer pada abad ke-20, font — versi digital tipografi — menjadi mata uang baru dalam tipografi. Terlepas dari kemungkinan-kemungkinan yang menggairahkan yang bisa dilakukan revolusi digital untuk tipenya, tipografi sebagai suatu disiplin tampaknya tidak lama terjadi. Dengan keterbatasan teknologi layar, banyak font diterjemahkan sebagai Tipe Pixel primitif , dan gaya yang terinspirasi piksel menjadi tipografi yang menjadi tren utama untuk desain cetak juga. 

Seiring perkembangan teknologi komputer, bidang tipografi secara bertahap terbuka, membuat font yang lebih canggih tersedia untuk semua pengguna komputer. Kelemahan dari ini adalah terlalu sering menggunakan font ‘buruk’ (* batuk *, Komik Sans) oleh setiap Tom, Dick dan Harry. 

Sisi positifnya sebenarnya adalah perkembangan tipografi yang paling revolusioner — pengembangan tipografi tidak bisa lagi hanya dilakukan oleh para spesialis; tetapi siapa pun yang memiliki akses ke perangkat lunak desain vektor memiliki potensi untuk merancang font mereka sendiri. 

Kesimpulan: Dari Mesopotamia ke Microsoft …

Manusia selalu mencari cara baru dan kreatif untuk berkomunikasi dengan orang lain, dan tipografi adalah cara yang paling menarik secara visual yang telah dilakukan. 

Seperti yang telah kita jelajahi di sini, tipografi tidak hanya dimulai dengan penemuan mesin cetak, tetapi memiliki sejarah yang jauh lebih dalam, banyak yang arkeolog dan sejarawan masih baru saja terungkap. 

Evolusi tipografi juga tidak akan berhenti dengan era digital, tetapi pada kenyataannya memiliki lebih banyak potensi dari sebelumnya untuk mengembangkan dan memenangkan banyak penggemar penggemar tipe baru.

Jika jenis riwayat singkat ini telah membangkitkan selera Anda untuk lebih banyak konten terkait tipografi, Anda beruntung! Lihatlah tutorial di bawah ini, yang akan fokus pada mengasah keterampilan mengetik Anda. 

No Comments
Comments to: Mengekplorasi Sejarah Singkat Tipografi

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Attach images - Only PNG, JPG, JPEG and GIF are supported.

Good Reads

Apa makna Mei bagi Anda? Tentu saja beragam! Namun, bagi Starbucks, Mei adalah bulan berbagi. Sebab, di bulan ini, Starbucks merayakan Global Month of Service (GMOS), sebuah inisiatif Starbucks yang memberikan manfaat terhadap lingkungan dan masyarakat sekitar. Di Indonesia, perayaan tersebut mengejewantah dalam sebuah aktivitas mengajar yang dilakukan para pegawai Starbucks kepada anak Sekolah Menengah Kejuruan […]
Apakah Lorem Ipsum itu? Lorem Ipsum adalah contoh teks atau dummy dalam industri percetakan dan penataan huruf atau typesetting. Lorem Ipsum telah menjadi standar contoh teks sejak tahun 1500an, saat seorang tukang cetak yang tidak Share Tweet Share Linked In Google + Source link bisnis BiznetGio dan Entrepreneurship Majalah Marketeers marketing online Support Test halodesainer […]

Worlwide

David Ofiare Mengenai segala sesuatu yang menarik dan baru, saya cenderung mendekati setiap tulisan seperti yang dilakukan anak-anak, oleh karena itu saya SELALU tergoda untuk menumbuk informasi tentang subjek tertentu dalam satu karya daripada serangkaian artikel terpisah yang memecahkan topik dengan menarik. bit. Manfaatkan setiap kesempatan yang Anda miliki untuk menghukum saya dengan benar di bagian […]
Apa makna Mei bagi Anda? Tentu saja beragam! Namun, bagi Starbucks, Mei adalah bulan berbagi. Sebab, di bulan ini, Starbucks merayakan Global Month of Service (GMOS), sebuah inisiatif Starbucks yang memberikan manfaat terhadap lingkungan dan masyarakat sekitar. Di Indonesia, perayaan tersebut mengejewantah dalam sebuah aktivitas mengajar yang dilakukan para pegawai Starbucks kepada anak Sekolah Menengah Kejuruan […]
Apakah Lorem Ipsum itu? Lorem Ipsum adalah contoh teks atau dummy dalam industri percetakan dan penataan huruf atau typesetting. Lorem Ipsum telah menjadi standar contoh teks sejak tahun 1500an, saat seorang tukang cetak yang tidak Share Tweet Share Linked In Google + Source link bisnis BiznetGio dan Entrepreneurship Majalah Marketeers marketing online Support Test halodesainer […]
Artikel ini ditulis oleh Mia Santosa, Vice President Commercial & Business Development Visinema Group Keberadaan produk dan brand dalam film telah menjadi hal yang lumrah sejak kali pertama sebuah brand diintegrasikan dalam film Wings di tahun 1927, bahkan hingga sekarang integrasi brand dalam film menjadi salah satu strategi marketing yang efektif. Praktik beriklan dalam film […]

Trending

Sangat mudah untuk mengabaikan pentingnya riset pemasaran. Lagi pula, ketika Anda pertama kali memikirkan ide bisnis, menghabiskan waktu berjam-jam untuk riset pasar adalah hal terakhir yang ada di pikiran Anda. Sebagian besar dari kita lebih suka mulai membuat dan menjual produk daripada memikirkan nilai riset pemasaran. Tetapi untuk semua jenis bisnis, ada kebutuhan nyata untuk riset pasar. Ini […]
Pernahkah Anda bertanya-tanya apa kesamaan emotikon dan emoji, atau bagaimana mereka muncul? Yah, karena kami suka memberdayakan pembaca dengan pengetahuan, kami meluangkan waktu dan menyusun artikel mendalam yang seharusnya meruntuhkan dua cara komunikasi modern yang telah mengubah hidup kita sedemikian besar. Sejak masa awal kemanusiaan, kemampuan kita untuk berkomunikasi telah memainkan faktor kunci dalam sepenuhnya membentuk […]
Apakah Anda seorang pemula atau desainer yang berpengalaman, kedua konsep ini penting untuk diketahui jika Anda mengatur teks secara teratur. Font monospace dan proporsional adalah istilah yang tidak banyak desainer tahu kecuali mereka ingin mengasah keterampilan mereka. Kedua jenis font ini hanya memiliki satu hal yang berbeda — lebar karakter. Mari kita lihat arti dan beberapa contohnya.  Apa […]
Apakah Anda ingin belajar cara mengubah warna rambut di Photoshop? Dalam tutorial ini akan menunjukkan kepada Anda bagaimana mengubah warna suatu objek di Photoshop menggunakan teknik yang sangat serbaguna. Mari kita coba memilih objek dan cara menyesuaikan warnanya tanpa memengaruhi gambar asli. 1. Cara Memilih Bagian Rambut di Photoshop Bagian ini adalah yang paling sulit, karena rambut bisa […]

Join our Newsletter

Get our monthly recap with the latest news, articles and resources.

By subscribing you agree to our Privacy Policy.

Latest Titles

Categories

Tag

Login

Selamat datang di Halodesainer

Orientasi singkat dan ramah adalah hal pertama yang dilihat pengguna baru dalam tema.
Join Typer
Registration is closed.