Server side programming (pemrograman sisi server ) dan client side programming sama-sama dibutuhkan dalam pengembangkan website. Meskipun kode yang digunakan berbeda namun kedua program tersebut perlu dijalankan agar website dapat berfungsi dengan optimal.

Jika Anda tertarik dengan server side programming, terdapat beberapa bahasa pemrograman populer yang bisa digunakan. Namun sebelum mengetahui apa saja bahasa pemrograman tersebut, ada baiknya jika Anda mengetahui apa sebenarnya yang dimaksud dengan server side programming.

Apa itu Server Side Programming?

Server side programming atau pemrograman sisi server adalah suatu program yang berjalan di server yang menangani pembuatan konten halaman website. Perlu diketahui bahwa server side programming memiliki fungsi yang berbeda dengan client side.

Server side merupakan sistem yang berjalan di server, sedang client side merupakan sistem yang berjalan di web browser pengguna. Pada dasarnya server side programming ini memiliki arti yang sama dengan backend scripting.

Para pengembang sisi server akan merancang, membangun, dan memelihara kode agar sistem dapat berjalan dengan semestinya di server aplikasi. Server side programming akan memproses user input, berinteraksi dengan database, dan mengontrol konten apa yang akan disajikan sebagai respon dari permintaan user.

Server side programming sangat berguna dalam pengembangan website. Program ini dapat membantu meningkatkan pengalaman pengguna dengan cara mengirimkan konten yang sesuai dengan apa yang diinginkan atau diminta oleh user.

5 Bahasa yang dapat digunakan untuk Server Side Programming

  1. PHP

Bahasa pemrograman PHP menjadi salah satu bahasa yang paling sering digunakan untuk server side programming. Meskipun PHP termasuk bahasa pemrograman tertua namun kemampuannya masih dapat diandalkan untuk pengembangan web saat ini.

Diketahui terdapat sekitar 80 % website yang berjalan menggunakan bahasa pemrograman ini.  Selain itu PHP juga menjadi bahasa pemrograman pertama yang dirancang secara khusus untuk website sehingga penggunaanya dapat mendominasi di era Web 2.0 tahun 2000an.

PHP sering digunakan untuk mengembangkan situs web statis, web dinamis, atau aplikasi Web. PHP juga dapat berjalan pada hampir semua operating system termasuk Linux, Microsoft Windows, macOS, dan lain-lain.

Baca Juga: 5 Situs Referensi Belajar PHP Secara Efektif

Server Side Programming

  1. Node.js

Node.js adalah bahasa pemrograman Javascript sisi server yang dibangun di Google Chrome V8 JavaScript Engine. Salah satu kelebihan Node.js adalah Anda dapat menggunakan Javascript untuk rendering front-end dan menggunakannya kembali di sisi back-end.

Bahasa ini dirilis pada tahun 2009 dan sudah semakin berkembang. Node.js banyak digunakan oleh para developer untuk mengembangkan konsol, desktop, website, serta web app. Node.js juga dapat berjalan diberbagai platform seperti Windows, Linux, Unix, Mac OS X, dan lain-lain.

Ketika menghandle file request, Node.js dapat menghilangkan proses menunggu sehingga dapat menangani file request selanjutnya dengan cepat. Sebagian besar situs web populer sudah memanfaatkan Node.js dalam pengembangan layanannya. Beberapa web tersebut seperti Netflix, PayPal, Uber, dan LinkedIn

  1. Java

Java bisa dibilang platform paling kuat untuk pengembangan web sisi server saat ini. Bahasa pemrograman ini bersifat open source, berorientasi objek, tidak memerlukan infrastruktur perangkat keras tertentu, mudah dikelola, serta memiliki tingkat keamanan yang baik.

Pada awalnya, Java sering digunakan sebagai alternatif untuk C ++ yang banyak digunakan dalam aplikasi bisnis tahun 90-an. Namun sampai saat ini, Java justru memiliki popularitas yang lebih baik daripada C ++. Java dapat digunakan untuk berbagai pengembangan sistem seperti mobile app (terutama untuk Android), desktop app, web applications, games, dan masih banyak lagi.

Selain itu, Java juga dapat berjalan diberbagai platform seperti Windows, Mac, Linux, dan lain-lain. Beberapa situs populer yang dikembangkan dengan Java dalah Google, Amazon, dan eBay.

  1. Python

Python menjadi salah satu bahasa pemrograman yang banyak digunakan oleh pemula. Bahasa ini juga dianggap mudah untuk dipelajari karena sintaks yang dimiliki cukup sederhana dan terlihat mirip dengan Bahasa Inggris. Python juga menyediakan library yang besar dengan begitu banyak fungsi pra-kode sehingga Anda tidak perlu lagi menulis fungsi buatan sendiri.

Meskipun mudah untuk digunakan, Python mempunyai performa yang baik untuk berbagai keperluan seperti pengembangan web sisi server, perangkat lunak, serta pembuatan system scripting. Selain itu, Python juga memiliki kemampuan untuk menangani data besar dan melakukan matematika yang kompleks. Contoh situs web terkenal yang dibangun dengan Python adalah Youtube, Instagram, Dropbox, Quora.

Baca Juga: 4 Jenis Bahasa Pemrograman yang Harus Anda Pelajari di 2020

  1. Ruby

Ruby adalah bahasa pemrograman yang berorientasi pada objek dan bersifat open source. Bahasa ini dikembangkan oleh Yukihiro Matsumoto pada tahun 1995.

Ruby populer untuk digunakan sebagai bahasa pemrograman untuk mengembangkan web applications. Rails adalah framework paling populer untuk Ruby, dan framework ini mudah dioperasikan oleh programmer. Tidak heran jika sebagian besar startup lebih suka memulai aplikasi mereka dengan Ruby on Rails. Berapa website yang menggunakan Ruby adalah GitHub, Airbnb, Shopify, dan masih banyak lagi.

Layanan Logique Digital Indonesia

Logique Digital Indonesia merupakan konsultan IT ternama di Indonesia dengan berbagai layanan seperti pengembangan website dan aplikasi, digital marketing, dan lain-lain. Saat ini sedang membuka lowongan pekerjaan untuk posisi web developer, front end developer, dan masih banyak lagi.

Jika Anda tertarik dengan dunia IT dan memiliki skill untuk mengembangkan web dan sistem profesional, Anda dapat bergabung bersama kami. Silakan kunjungi halaman Karir Logique atau hubungi kami untuk mendapatkan informasi lebih lanjut.



Source link

No Comments
Comments to: 5 Bahasa Pemrograman Terbaik untuk Server Side Programming

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Attach images - Only PNG, JPG, JPEG and GIF are supported.

Good Reads

Lukisan digital adalah cara luar biasa untuk menciptakan seni yang mengagumkan. Dalam tutorial ini Anda akan belajar cara membuat lukisan digital raksasa dengan mengikuti langkah-langkah sederhana ini. Di sini, saya akan membagikan beberapa teknik dasar yang digunakan saat membuat lukisan ini. Pratinjau Hasil Akhir Sumber Tutorial Langkah 1 Sebelum memulai, kita akan terlebih dahulu memahami […]

Worlwide

David Ofiare Mengenai segala sesuatu yang menarik dan baru, saya cenderung mendekati setiap tulisan seperti yang dilakukan anak-anak, oleh karena itu saya SELALU tergoda untuk menumbuk informasi tentang subjek tertentu dalam satu karya daripada serangkaian artikel terpisah yang memecahkan topik dengan menarik. bit. Manfaatkan setiap kesempatan yang Anda miliki untuk menghukum saya dengan benar di bagian […]
Lukisan digital adalah cara luar biasa untuk menciptakan seni yang mengagumkan. Dalam tutorial ini Anda akan belajar cara membuat lukisan digital raksasa dengan mengikuti langkah-langkah sederhana ini. Di sini, saya akan membagikan beberapa teknik dasar yang digunakan saat membuat lukisan ini. Pratinjau Hasil Akhir Sumber Tutorial Langkah 1 Sebelum memulai, kita akan terlebih dahulu memahami […]

Trending

Sangat mudah untuk mengabaikan pentingnya riset pemasaran. Lagi pula, ketika Anda pertama kali memikirkan ide bisnis, menghabiskan waktu berjam-jam untuk riset pasar adalah hal terakhir yang ada di pikiran Anda. Sebagian besar dari kita lebih suka mulai membuat dan menjual produk daripada memikirkan nilai riset pemasaran. Tetapi untuk semua jenis bisnis, ada kebutuhan nyata untuk riset pasar. Ini […]
Pernahkah Anda bertanya-tanya apa yang terjadi pada penciptaan karya desain yang sukses? Berikut adalah beberapa alat visual yang dapat membantu Anda menyusun komposisi desain Anda. Pada artikel ini, saya akan menunjukkan kepada Anda definisi dan pentingnya prinsip-prinsip desain. Perangkat visual ini dapat membantu Anda membuat struktur yang terorganisir untuk menyampaikan pesan yang jelas. Prinsip-prinsip ini juga diterapkan dalam […]
Apakah Anda seorang pemula atau desainer yang berpengalaman, kedua konsep ini penting untuk diketahui jika Anda mengatur teks secara teratur. Font monospace dan proporsional adalah istilah yang tidak banyak desainer tahu kecuali mereka ingin mengasah keterampilan mereka. Kedua jenis font ini hanya memiliki satu hal yang berbeda — lebar karakter. Mari kita lihat arti dan beberapa contohnya.  Apa […]
Apakah Anda ingin belajar cara mengubah warna rambut di Photoshop? Dalam tutorial ini akan menunjukkan kepada Anda bagaimana mengubah warna suatu objek di Photoshop menggunakan teknik yang sangat serbaguna. Mari kita coba memilih objek dan cara menyesuaikan warnanya tanpa memengaruhi gambar asli. 1. Cara Memilih Bagian Rambut di Photoshop Bagian ini adalah yang paling sulit, karena rambut bisa […]

Join our Newsletter

Get our monthly recap with the latest news, articles and resources.

By subscribing you agree to our Privacy Policy.

Latest Titles

Categories

Tag

Login

Selamat datang di Halodesainer

Orientasi singkat dan ramah adalah hal pertama yang dilihat pengguna baru dalam tema.
Join Typer
Registration is closed.