dan cara menggunakannya untuk berkembang dengan masa depan desain.

Monica Galvan

Sementara UX / UI dan desain produk mungkin merupakan disiplin desain yang cukup modern, sejarah desain grafis kembali lebih jauh dari yang Anda kira. Ini sebenarnya sudah ada jauh sebelum perangkat lunak dan alat seperti Photoshop dan Illustrator. Tapi apa sebenarnya desain grafis sebelum penemuan komputer?

Apa itu desain grafis?

Pertama, mari kita mulai dengan mendefinisikan apa itu desain grafis . Istilah “desain grafis” sangat luas dan sering digunakan untuk mengkategorikan berbagai disiplin ilmu desain termasuk desain digital dan web. Tetapi desain grafis tradisional disebut sebagai desain cetak seperti poster, sampul buku, tata letak majalah, iklan, desain paket, serta logo dan branding.

Pada dasarnya, desainer grafis mengambil konten visual seperti ilustrasi atau fotografi dan menggabungkannya dengan tipografi untuk mengkomunikasikan pesan.

Kuncinya adalah komunikasi. Tapi dari mana asal desain grafis dan bagaimana perkembangannya dari waktu ke waktu?

Sebuah prolog untuk desain grafis

Sebelum kita membahas gerakan seni dan desain tertentu yang memainkan peran kunci dalam gaya visual desain grafis seperti yang kita kenal, mari kita mulai dengan bentuk bahasa visual dan tulisan yang paling awal dan bagaimana kita mendistribusikan pesan kita melalui penemuan percetakan.

Tanda-tanda pertama komunikasi visual

Sejarawan melacak asal mula desain grafis hingga lukisan gua awal dari sekitar 38.000 SM. Bentuk awal lukisan gua ini adalah cara orang berkomunikasi dari satu generasi ke generasi lainnya.

Subjek dalam lukisan gua ini terutama menampilkan hewan, cetakan tangan, senjata, dan referensi lain untuk berburu. Meskipun tidak jelas apa yang dikomunikasikan oleh manusia, terlihat jelas bahwa mereka berkomunikasi secara visual.

Lukisan gua Lascaux di Prancis Selatan (sumber: Wikipedia)
Lukisan gua Lascaux di Prancis Selatan ( sumber: Wikipedia )

Awal dari bahasa visual

Evolusi berikutnya dari desain grafis adalah bahasa itu sendiri dan representasi visual dengan alfabet. Bangsa Sumeria dikreditkan untuk penemuan tulisan c. 3300 sampai 3000 SM . Bentuk awal penulisan ini adalah piktograf, simbol yang mewakili objek. Anda sudah bisa mulai melihat bentuk awal desain grafis yang sedang dimainkan.

Bahasa tertulis Sumeria
Bahasa tertulis Sumeria ( sumber: Wikipedia )

Penemuan percetakan

Tentu saja, kita tidak bisa memiliki desain grafis tanpa penemuan percetakan. Pada awal abad ke-6 M, Tiongkok menggunakan balok kayu, atau relief, pencetakan untuk mencap desain pada pakaian sutra dan akhirnya di atas kertas. Pada 1040, Bi Sheng menemukan teknik pertama di dunia untuk mencetak dengan tipe bergerak.

Contoh paling awal dari buku cetak, sampul depan Sutra Intan dari Dinasti Tang Cina, 868 Masehi
Contoh paling awal dari buku cetak, sampul depan Sutra Intan dari Dinasti Tang Cina , 868 Masehi

Johannes Gutenberg membawa tipe bergerak ke Eropa pada 1439, memperkenalkan komunikasi massa ke budaya Barat. Desain Gutenberg menggantikan kayu dengan logam dan balok cetak dengan setiap huruf . Dengan pers Gutenberg, sastra dan melek huruf terbuka untuk massa, membuatnya terjangkau dan dapat diakses. Orang tidak lagi harus bergantung pada reproduksi buku ilmiah yang panjang. Pers Gutenberg membuat jalan untuk penggunaan desain yang lebih komersial, yang mengarah pada evolusi periklanan dan desain grafis.

Mesin cetak awal, mengetsa dari "Tipografi Awal" oleh William Skeen
Mesin cetak awal, terukir dari “Tipografi Awal” oleh William Skeen ( sumber: Wikipedia )

Bagaimana revolusi industri mengembangkan desain grafis

Revolusi industri, periode dari sekitar 1760 hingga 1840, memperkenalkan teknologi baru untuk meningkatkan efisiensi dan produksi proses manufaktur seperti litografi .

Litografi adalah metode pencetakan yang melibatkan tinta desain Anda ke permukaan batu atau logam dan mentransfernya ke selembar kertas. Akhirnya, ini mengarah pada kromolitografi yang hanya merupakan litografi tetapi dengan warna.

Litograf warna awal dari tahun 1835, oranye dan cyan dengan tinta hitam
Litograf warna awal dari tahun 1835, oranye dan cyan dengan tinta hitam ( sumber: Wikipedia )

Agen desain grafis pertama

The Wiener Werkstatte (yang diterjemahkan menjadi Lokakarya Wina ) didirikan pada tahun 1903 oleh pelukis Koloman Moser , arsitek Josef Hoffmann , dan pelindung Fritz Waerndorfer.

Kop surat Wiener Werkstätte, 1914
Kop surat Wiener Werkstätte, 1914 (sumber: Smashing Magazine )

Werkstätte menyatukan arsitek, seniman, dan desainer yang bekerja di bidang keramik, mode, perak, furnitur, dan seni grafis. Mereka dianggap sebagai pelopor desain modern dan pengaruh awal gaya seperti Bauhaus dan Art Deco. Sebagai salah satu kelompok pertama seniman profesional yang bekerja bersama, mereka memengaruhi standar desain untuk generasi mendatang.

Gerakan seni kunci yang mempengaruhi desain grafis

Sekarang Anda memiliki gagasan yang lebih baik tentang bagaimana desain grafis dimulai dengan bentuk komunikasi visual dan tertulis yang paling awal. Mari selami beberapa gerakan seni berpengaruh utama yang membantu mengembangkan desain grafis.

Anda mungkin memperhatikan bagaimana gerakan seni ini memengaruhi tren dan bagaimana beberapa di antaranya bahkan kembali menjadi gaya. Penting untuk memiliki latar belakang yang kuat dalam sejarah desain sehingga Anda dapat memahami dari mana tren ini berasal dan cara menggunakannya dalam desain Anda.

Art Nouveau

Art Nouveau (“Seni Baru”) berkembang di Eropa Barat dan Amerika Serikat dari tahun 1880-an hingga Perang Dunia Pertama. Itu adalah upaya yang disengaja untuk meninggalkan gaya sejarah abad ke-19 .

Pencipta Art Nouveau berusaha untuk menghidupkan kembali pengerjaan yang baik, meningkatkan status kerajinan, dan menghasilkan desain yang benar-benar modern yang mencerminkan kegunaan barang yang mereka buat. Salah satu karakteristik khas dari gaya ini adalah penggunaan garis organik asimetris, bukan bentuk seragam yang solid.

Karya seni Art Nouveau oleh Alphonse Mucha, digunakan untuk mempromosikan perusahaan percetakan F. Champenois
Karya seni Art Nouveau oleh Alphonse Mucha, digunakan untuk mempromosikan perusahaan percetakan F. Champenois

Bauhaus

Bauhaus adalah gerakan seni dan desain berpengaruh yang dimulai pada tahun 1919 di Weimar, Jerman. The sekolah Bauhaus , yang didirikan oleh Walter Gropius, meluncurkan cara berpikir baru.

Enam bulan setelah berakhirnya Perang Dunia I, sekolah tersebut mendorong para seniman dan desainer untuk menggunakan bakat mereka untuk membantu membangun kembali masyarakat yang rusak. Tata bahasa Bauhaus – segitiga, persegi, dan lingkaran – membangkitkan mentalitas kembali ke dasar ini . Mereka menantang segalanya, termasuk metode sekolah yang biasa.

Mereka menggabungkan seni dan kerajinan, gaya, bentuk, dan fungsi klasik dan avant-garde. Desain Bauhaus menggabungkan minimalis, bentuk geometris, dan tipografi sederhana. Meskipun gelembung Bauhaus hanya bertahan selama 14 tahun, pengaruhnya tetap ada di hampir setiap aspek kehidupan modern saat ini.

Poster desain Bauhaus, 1923
Poster desain Bauhaus, 1923 ( sumber )

Art Deco

Art Deco dimulai sebagai perayaan di Paris pada tahun 1925. Dekade yang sama yang memberi kami The Great Gatsby, mobil terjangkau, dan film pertama dengan suara.

Gaya, keanggunan, dan kecanggihan adalah lambang desain Art Deco. Art Deco menggunakan bentuk sederhana, ornamen bergaya dan geometris, dan penggunaan bahan mahal yang rumit, baik alami maupun sintetis.

Mencakup arsitektur, furnitur, mode, patung, dan banyak lagi, Art Deco merangkum semangat dekaden tahun 1930-an. The Rockefeller Center, Chrysler Building, dan Empire State Building semuanya dirancang dengan gaya ini.

Poster Pameran Dunia Chicago oleh Weimer Pursell (1933)
Poster Pameran Dunia Chicago oleh Weimer Pursell, 1933 ( sumber )

Desain Swiss (Gaya Tipografi Internasional)

Dibangun di atas pendekatan rasional Bauhaus, gerakan ini adalah tentang fungsi dan universalitas. Gaya tersebut muncul di Rusia, Belanda, dan Jerman pada 1920-an dan dikembangkan lebih lanjut di Swiss selama 1950-an. Desainer mengembangkan gerakan Modernis terpadu yang kohesif yang kemudian dikenal sebagai Desain Swiss atau Gaya Tipografi Internasional .

Sistem grid modular yang logis menyediakan kerangka kerja terstruktur untuk menyelaraskan elemen yang berbeda, sesuatu yang sekarang dianggap penting untuk UI dan desain grafis. Fotografi realistis lebih disukai daripada ilustrasi yang lebih ekspresif, di samping tipografi sans-serif netral seperti Helvetica .

Desain Swiss bersifat minimal. Minimalis telah mengalami kebangkitan dalam branding, desain UI, dan pengemasan. Tren ini didorong oleh perusahaan berpengaruh seperti Apple dan Google yang memprioritaskan estetika bersih di atas ornamen dan dekorasi . Kontribusi penting dari gerakan Swiss Design adalah penggunaan kisi, dapatkah Anda membayangkan mendesain untuk web tanpa kisi?

Desain poster oleh Josef Muller Brockmann
Desain poster oleh Josef Muller Brockmann

Seni pop

Terutama fenomena budaya Inggris dan Amerika yang mendapatkan daya tarik di akhir 1950-an dan 1960-an, Pop Art dinamai oleh kritikus seni Lawrence Alloway karena cara itu mengagungkan budaya populer dan mengangkat objek umum dan biasa-biasa saja ke status ikonik.

Gerakan pop art dimulai sebagai pemberontakan melawan pendekatan dominan terhadap seni, budaya, dan pandangan tradisional tentang seni seharusnya. Sumber inspirasi berkisar dari film Hollywood, iklan, kemasan produk, musik pop, dan buku komik, menolak pretensi “seni tinggi” yang mendukung seni grafis yang berani dan grafis.

Whaam!  oleh Roy Lichtenstein, 1963
Whaam! oleh Roy Lichtenstein, 1963 (sumber: Tate )

Postmodernisme

Postmodernisme adalah reaksi melawan modernisme . Sementara modernisme bertumpu pada idealisme dan akal, postmodernisme lahir dari sikap skeptis dan kecurigaan akan akal. Kaum modernis menghargai kejelasan dan kesederhanaan. Postmodernis menganut lapisan makna yang kompleks dan seringkali kontradiktif.

Desainer muda gerakan mempertanyakan filosofi “bentuk mengikuti fungsi” yang terkait dengan Modernisme yang berasal dari Gaya Desain Swiss (atau Gaya Tipografi Internasional). Desainer dibuat dengan bebas, melanggar aturan desain dengan menggunakan kolase, distorsi, warna cerah, dan tipe abstrak.

Selama akhir 1970-an, April Grieman menjadi terkenal karena eksperimen postmodernnya dengan inovasi tipografi dan gaya kolase berwarna-warni.

Sampul majalah WET dirancang oleh April Greiman (1979)
Sampul majalah WET dirancang oleh April Greiman, 1979 ( sumber )

Era digital

Pengenalan alat digital memberikan cara baru yang revolusioner dalam membuat desain grafis. Pada tahun 1984, Apple memperkenalkan komputer Macintosh. Ini menggunakan antarmuka yang sederhana dan ramah pengguna yang bertuliskan “Halo”, mengundang konsumen untuk menjadi pembuatnya sendiri.

Photoshop diluncurkan pada tahun 1990 sebagai perangkat lunak pengedit grafis yang dapat digunakan siapa saja untuk memanipulasi gambar dan membuat desain profesional. Program dasar seperti Microsoft Paint membuat seni grafis dapat diakses oleh banyak orang.

Adobe Photoshop versi 1 diluncurkan pada tahun 1990
Adobe Photoshop versi 1 diluncurkan pada tahun 1990 (sumber: Version Museum )

Bagaimana gerakan seni memengaruhi tren desain

Ini hanyalah sebagian dari sekian banyak gerakan seni yang berkembang sepanjang masa. Apakah Anda memperhatikan bagaimana satu gerakan seni memengaruhi perilaku seni berikutnya? Satu gaya desain mungkin populer untuk sementara waktu, katakanlah misalnya gaya Desain Swiss, tetapi kemudian sesuatu seperti Postmodernisme muncul dan mengubah seni dan desain sepenuhnya terbalik.

Mirip dengan tren desain, beberapa akan populer untuk sementara hingga akhirnya ada yang menggantikannya. Ingat gradien dan kemiringan yang ada di desain aplikasi awal saat iPhone pertama kali muncul? Seiring waktu tren desain ini digantikan dengan estetika desain datar.

Evolusi desain aplikasi iOS: Dari gradien dan kemiringan hingga desain datar
Evolusi desain aplikasi iOS: Dari gradien dan kemiringan hingga desain datar (disediakan oleh penulis)

Masa depan desain visual

Karena desain grafis telah berkembang dari waktu ke waktu, itu menjadi lebih terbagi dengan judul desain baru. Periklanan dan desain cetak pernah menjadi inti dari desain grafis. Dengan penemuan komputer, Photoshop, dan Internet, gelombang disiplin desain baru muncul. Beberapa desain web, desain interaktif, desain UX / UI, dan desain produk. Meskipun ini adalah bidang khusus dalam komunitas desain, semuanya berasal dari desain grafis.

Sekarang setelah Anda memahami kekayaan sejarah desain grafis, bagaimana Anda mempersiapkan diri untuk masa depan desain visual?

Terus tumbuh sebagai desainer multidisiplin. Bersiaplah dan ketahuilah bahwa desain akan bergeser seiring dengan tren yang datang dan pergi. Spesialisasi dapat membawa kesuksesan tetapi penting untuk memahami payung desain visual. Ambil apa yang Anda ketahui, terus pelajari, dan kembangkan dengan masa depan desain.

No Comments
Comments to: Sejarah singkat desain grafis

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Attach images - Only PNG, JPG, JPEG and GIF are supported.

Good Reads

Apa makna Mei bagi Anda? Tentu saja beragam! Namun, bagi Starbucks, Mei adalah bulan berbagi. Sebab, di bulan ini, Starbucks merayakan Global Month of Service (GMOS), sebuah inisiatif Starbucks yang memberikan manfaat terhadap lingkungan dan masyarakat sekitar. Di Indonesia, perayaan tersebut mengejewantah dalam sebuah aktivitas mengajar yang dilakukan para pegawai Starbucks kepada anak Sekolah Menengah Kejuruan […]
Apakah Lorem Ipsum itu? Lorem Ipsum adalah contoh teks atau dummy dalam industri percetakan dan penataan huruf atau typesetting. Lorem Ipsum telah menjadi standar contoh teks sejak tahun 1500an, saat seorang tukang cetak yang tidak Share Tweet Share Linked In Google + Source link bisnis BiznetGio dan Entrepreneurship Majalah Marketeers marketing online Support Test halodesainer […]

Worlwide

David Ofiare Mengenai segala sesuatu yang menarik dan baru, saya cenderung mendekati setiap tulisan seperti yang dilakukan anak-anak, oleh karena itu saya SELALU tergoda untuk menumbuk informasi tentang subjek tertentu dalam satu karya daripada serangkaian artikel terpisah yang memecahkan topik dengan menarik. bit. Manfaatkan setiap kesempatan yang Anda miliki untuk menghukum saya dengan benar di bagian […]
Apa makna Mei bagi Anda? Tentu saja beragam! Namun, bagi Starbucks, Mei adalah bulan berbagi. Sebab, di bulan ini, Starbucks merayakan Global Month of Service (GMOS), sebuah inisiatif Starbucks yang memberikan manfaat terhadap lingkungan dan masyarakat sekitar. Di Indonesia, perayaan tersebut mengejewantah dalam sebuah aktivitas mengajar yang dilakukan para pegawai Starbucks kepada anak Sekolah Menengah Kejuruan […]
Apakah Lorem Ipsum itu? Lorem Ipsum adalah contoh teks atau dummy dalam industri percetakan dan penataan huruf atau typesetting. Lorem Ipsum telah menjadi standar contoh teks sejak tahun 1500an, saat seorang tukang cetak yang tidak Share Tweet Share Linked In Google + Source link bisnis BiznetGio dan Entrepreneurship Majalah Marketeers marketing online Support Test halodesainer […]
Artikel ini ditulis oleh Mia Santosa, Vice President Commercial & Business Development Visinema Group Keberadaan produk dan brand dalam film telah menjadi hal yang lumrah sejak kali pertama sebuah brand diintegrasikan dalam film Wings di tahun 1927, bahkan hingga sekarang integrasi brand dalam film menjadi salah satu strategi marketing yang efektif. Praktik beriklan dalam film […]

Trending

Sangat mudah untuk mengabaikan pentingnya riset pemasaran. Lagi pula, ketika Anda pertama kali memikirkan ide bisnis, menghabiskan waktu berjam-jam untuk riset pasar adalah hal terakhir yang ada di pikiran Anda. Sebagian besar dari kita lebih suka mulai membuat dan menjual produk daripada memikirkan nilai riset pemasaran. Tetapi untuk semua jenis bisnis, ada kebutuhan nyata untuk riset pasar. Ini […]
Pernahkah Anda bertanya-tanya apa kesamaan emotikon dan emoji, atau bagaimana mereka muncul? Yah, karena kami suka memberdayakan pembaca dengan pengetahuan, kami meluangkan waktu dan menyusun artikel mendalam yang seharusnya meruntuhkan dua cara komunikasi modern yang telah mengubah hidup kita sedemikian besar. Sejak masa awal kemanusiaan, kemampuan kita untuk berkomunikasi telah memainkan faktor kunci dalam sepenuhnya membentuk […]
Pernahkah Anda bertanya-tanya apa yang terjadi pada penciptaan karya desain yang sukses? Berikut adalah beberapa alat visual yang dapat membantu Anda menyusun komposisi desain Anda. Pada artikel ini, saya akan menunjukkan kepada Anda definisi dan pentingnya prinsip-prinsip desain. Perangkat visual ini dapat membantu Anda membuat struktur yang terorganisir untuk menyampaikan pesan yang jelas. Prinsip-prinsip ini juga diterapkan dalam […]
Apakah Anda ingin belajar cara mengubah warna rambut di Photoshop? Dalam tutorial ini akan menunjukkan kepada Anda bagaimana mengubah warna suatu objek di Photoshop menggunakan teknik yang sangat serbaguna. Mari kita coba memilih objek dan cara menyesuaikan warnanya tanpa memengaruhi gambar asli. 1. Cara Memilih Bagian Rambut di Photoshop Bagian ini adalah yang paling sulit, karena rambut bisa […]

Join our Newsletter

Get our monthly recap with the latest news, articles and resources.

By subscribing you agree to our Privacy Policy.

Latest Titles

Categories

Tag

Login

Selamat datang di Halodesainer

Orientasi singkat dan ramah adalah hal pertama yang dilihat pengguna baru dalam tema.
Join Typer
Registration is closed.